Cara membuat otak Menjadi pintar

Bagaimana cara membuat Otak menjadi lebih Pintar?

Apakah Anda pernah dibuat gemas sekaligus malu gara-gara  lupa nama kenalan yg kebetulan ketemu di supermarket atau dalam pertemuan-pertemuan bisnis? Saya yakin kemungkinan besar hal tersebut pernah dialami ! 

Jadi meskipun otak kita ini disebut sebagai komputer terkuat di muka bumi, tapi toh ternyata otak kita ini bisa "blong"  juga. Ya, tidak perlu disalahkana pada otak anda. Pada dasarnya kita ini memang suka memenuhi kepala kita dengan beragam hal dan urusan. Sebagian darinya adalah hal-hal tidak  penting, sebagiannya lagi punya manfaat dan arti, dan lalu sebagian yg lain, ya cuman sekedar urusan saja. Semua bertubi-tubi datangnya.

Meskipun otak kita aslinya sangat kuat, tapi mereka tetap butuh “charged” terus menerus agar otak bisa tetap bekerja optimal. Sama seperti kendaraan bermotor yg harus rutin kita service atau maintenance dan bahkan tune up, otak kita juga perlu dirawat.

Dalam tubuh yg sehat akan terdapat pikiran (kemampuan otak) yg sehat. Dan memang benar, dengan berolah raga, secara tidak langsung membuat otak menjadi lebih pintar.

Berolahraga bisa memperkuat otak dengan cara menstimulasi formasi sel-sel otak (neuron) yang baru terbentuk, yg biasa dikenal sebagai neurogenesis. Berolahraga juga akan memperkuat koneksi antar sel-sel otak tersebut. 

Para peneliti telah menemukan bahwa area di otak yg secara nyata terstimulasi oleh olahraga adalah area yg berkaitan dg ingatan dan pembelajaran.

Lebih jauh lagi, olahraga fisik juga bisa mencegah penyakit Alzheimer. Beberapa studi pun telah memastikan bahwa olahraga secara teratur bisa mengurangi risiko pengurangan kemampuan berpikir dan dimensia (hilangnya kekuatan intelektual seperti pikun) di usia senja.

Tidur menyumbang peranan penting dalam perkembangan dan pertumbuhan otak. Tanpa tidur yg cukup, neuron tidak akan punya cukup waktu untuk memperbaiki seluruh kerusakan, dan bahkan bisa menjadi tak berfungsi sepanjang hari.

Para neuroscientist berkata bahwa selama tidur, bagian hippothalamus (di mana ingatan disimpan) menjadi amat aktif dan memindahkan pengetahuan dari ingatan jangka pendek ke ingatan jangka panjang.

Ingatan yang diperkuat dg beristirahat ada dua macam. Yg pertama adalah ingatan deklaratif, yakni ingatan yg berkaitan dg informasi semisal fakta, tanggal, dan nama. Sementara yg kedua adalah ingatan prosedural, yakni apa-apa yg menjadikan kita mampu melakukan sesuatu seperti bermain musik, mengendarai mobil, atau menghitung tagihan hutang (ooss....). 

Para ilmuwan meyakini bahwa dua jenis ingatan ini dipengaruhi oleh bagian yg berbeda dari fase tidur.
Bahkan tidur siang 45 menitan juga bisa membantu Anda meningkatkan ingatan dan mengingat fakta dg baik, asalkan sebelumnya Anda sudah mempelajarinya dg baik. Apa yg bisa dibantu oleh tidur siang adalah kemampuan kita untuk menarik informasi dari ingatan, khususnya ingatan deklaratif.

Peneliti telah menemukan bahwa mengkonsumsi sayuran bisa membantu otak tetap muda dan mempelambat penurunan mental di saat usia kian bertambah. Sayuran seperti brokoli, kubis, kangkung, dan bayam termasuk yg bisa berikan dampak amat menguntungkan. Sayuran banyak mengandung vitamin E yg berfungsi sebagai antioksidan terhadap perusakan sel dari kimiawi yg dihasilkan oleh tubuh.

Sementara itu, penelitian yg dilakukan oleh Universitas Massachussets Lowell menunjukkan bahwa jus apel bisa menambah produksi neurotransmiter acetylcholine penting dalam otak yg mampu meningkatkan kekuatan ingatan.

Berpuasa bisa membersihkan dan menghilangkan racun dalam tubuh. Sudah jadi pengetahuan umum bahwa makanan-makanan yang "berat" tidak hanya akan membebani sistem pencernaan kita tapi juga menguras sumberdaya otak. 
Tidak hanya membuang racun dari dalam tubuh, berpuasa juga bisa menghilangkan emosi-emosi racun seperti kemarahan, sedih, khawatir, dan juga takut, sebelum kesemua itu berakumulasi hingga jadi penyakit. Dengan melakukan pembersihan pada emosi beracun, berpuasa bisa memperkuat kejernihan pikiran dan ingatan, serta meningkatkan konsentrasi dan daya kreativitas.

Telah ada bukti yang kuat bahwa pendidikan dan pembelajaran menghasilkan perubahan yang positif di dalam otak. Para peneliti meyakini bahwa aktivitas intelektual berperan sebagai neuroprotektif terhadap dimensia. Beberapa studi menyebutkan bahwa pendidikan formal yang rendah dan kompetensi linguistik yang buruk bisa memperbesar risiko pengurangan kognitif di masa senja. 
Studi yang dilakukan oleh peneliti di Albert Einstein College of Medicine di New York menunjukkan bahwa mereka yang menggunakan pikirannya secara aktif mengalami penurunan risiko dimensia sebanyak 75 persen, dibandingkan dengan mereka yang malas menggunakan otak mereka.

Oleh karena itu, rangsanglah pikiran Anda. Beri dia stimulan. Pastikan Anda secara aktif melakukan pemecahan masalah dan mengkondisikan diri untuk terus mendayagunakan ingatan. Sama seperti aktivitas fisik bisa membuat tubuh Anda kuat, aktivitas mental juga akan membuat pikiran Anda jadi kian tajam dan tangguh. 
Semakin sering kita berpikir, semakin bagus otak kita berfungsi –terlepas dari seberapa pun usia kita. Tanpa adanya sesuatu untuk membuat pikiran kita terus bekerja, otak kita, sama seperti otot yang menganggur, bisa jadi atropy, penurunan pada kemampuan kognitif.

Namun bila Anda terus belajar dan menantang diri sendiri, otak Anda –secara harafiah- akan terus berkembang. Studi terbaru menunjukkan bahwa pembelajaran terus menerus bisa meningkatkan ingatan dan daya tahan sel-sel otak yang baru tumbuh. Otak yang aktif membuat koneksi baru antara sel syaraf sehingga mereka bisa saling berkomunikasi satu sama lain dg lebih baik. Inilah yang akan membantu otak Anda menyimpan dan memanggil informasi dengan lebih mudah, tak peduli berapa usia Anda.

Lantas tantangan seperti apakah yang dibutuhkan? Para ilmuwan sepakat bahwa apapun yang bersifat baru dan bisa mengembangkan pengetahuan Anda akan memberi dampak positif bagi otak Anda.
·         Belajar memainkan alat musik baru
·         Berganti karir, atau memulai karir yang baru
·         Memulai hobi baru, seperti melukis, bersepeda, atau bertukang
·         Belajar bahasa asing baru. Berdasarkan studi terbaru, kemampuan untuk menguasai lebih dari satu bahasa akan memperlambat penuaan otak
·         Belajar membuat masakan baru
·         Menjaga agar tetap up to date terhadap berita2 dunia
·         Jika Anda membiarkan otak Anda menganggur, otak Anda akan merasakan dampak buruknya.

Secara sederhana, interaksi sosial bisa diukur dari seberapa sering seseorang berbicara di telepon dan terlebih lagi bertatap muka dengan teman-teman, tetangga, sanak saudara, rekan kerja, dan sebagaianya, serta seberapa sering mereka saling bersama.

Karena terbilang sebagai latihan berpikir, bersosialisasi bisa memiliki efek protektif pada otak. Bukan hanya berinteraksi dengan orang-orang bisa menstimulasi otak Anda, namun juga bisa membuat pikiran Anda kian tajam. 

Kok bisa? Iya, bukankah menghadapi orang bisa jadi pembelajaran dan pengalaman yg sangat menantang, apalagi bila menghadapi orang yg menjengkelkan.

Ikatan sosial yang kuat telah diasosiasikan dengan tekanan darah yang lebih rendah dan ekspentasi hidup lebih tinggi. Sementara itu, miskinnya kehidupan sosial diyakini menjadi faktor risiko independen terhadap penurunan kualitas kognitif di usia senja. Berbicara dengan orang lain selama 10 menit setiap hari bisa meningkatkan kemampuan mengingat.

Semoga sharing CARA MEMBUAT OTAK MENJADI LEBIH PINTAR ini berguna untuk anda semua

Reactions:

4 comments:

Belajar Komputer said...

wah keren gan postingannya, pada dasarnya memang olah raga dapat membantu memperkuat daya ingat gan

Cahyadi Kho said...

terima kasih sudah mampir sobat@belajar komputer.

riyan dwi said...

good post gan
lagi cari info untuk mengembangkan otak
pas banget ketemu postingan ini

Moh. Azis Agus Tiawan said...

Tanks,

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More